Beranda

Wednesday, May 29, 2013

Sekilas Sejarah Pulau Tidung

Sebelumnya mungkin sedikit yang mengetahui sejarah atau asal - usul keberadaan Penduduk Pulau Tidung. Pulau yang berada di kepulauan seribu ini ternyata mempunyai keterkaitan sejarah dengan kerajaan Tidung yang berada di Pulau Kalimantan. Pulau terbesar yang ada di kepulauan eribu ini, terdiri dari Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil mempunyai luas kurang lebih 109 hektar dengan jumlah penduduk sekitar 6000 jiwa.

Sejarah Pulau Tidung - Menurut cerita, masyarakat Pulau Tidung terbagi atas 2 suku keturunan yaitu suku Tidung Kalimantan yang dibawa oleh Raja Pandita serta suku Tidung Banten yang dibawa oleh Ki Turuf/Panglima Hitam dari Kerajaan Syarif Hidayah Tullah Cirebon. Oleh karena perpaduan ini maka aksen berbicara penduduk Pulau Tidung menjadi sedikit berbeda sebagai nilai tambah ke unikan Pulau Tidung.
 
Konon menurut cerita dari masyarakat pulau tidung, Nama Tidung itu sendiri merupakan pemberian Raja Pandita yang berasal dari Kalimantan dengan mengambil dari nama suku Tidung di Kalimantan. Raja Pandita adalah seorang bangsawan yang sangat kharismatik dan hebat yang pada masanya aktif menentang imperialisme Belanda dan kemudian beliau diasingkan di pulau yang dinamakan Tidung ini.  Ada juga cerita yang mengatakan bahwa Ki Turuf yang pertama kali menginjakkan kaki di pulau ini dan menamainya Tidung.
Cerita ini ada mungkin ada benarnya, mengingat nama tidung berasal dari di pulau kalimantan bukan pulau Jawa, tapi yang perlu di garis bawahi adalah Pulau Tidung menjadi saksi sejarah adanya 2 orang besar yang pernah tinggal dan wafat sebagai  sejarah dan menambah ke unikan Pulau Tidung.

No comments:

Post a Comment